25 Juli 2014

Transfer Video dari Handycam JVC Mini-DV ke Komputer Menggunakan FireWire atau USB 2.0

Transfer Video dari Handycam JVC Mini-DV ke Komputer Menggunakan FireWire atau dengan USB 2.0

Begitu banyak cara untuk meng-capture atau memindahkan video dari Handycam Mini-DV ke komputer. Salah satunya yaitu, apabila kita menggunakan kamera video dengan media penyimpanan Mini-DV, maka ada dua cara pemindahan video, antara lain:

Pertama, dengan interface FireWire (IEEE 1394), adalah Serial Bus yang juga dikenal sebagai FireWire atau i.Link, didukung oleh semua sistem operasi Windows saat ini. 

Kedua, yaitu dengan menggunakan USB 2.0 yang mana apabila Anda menginstal driver USB: Anda tidak perlu men-download driver USB karena akan meng-diinstal secara otomatis.  

Sedangkan perbedaan yang cukup mendasar di antara kedua perangkat antarmuka/interface tersebut, yaitu mengenai kecepatan transfer data. FireWire sendiri mempunyai kecepatan mentransfer data dengan ketinggian hingga 800 Mbps, adapun USB versi 2.0 hanya bisa mencapai  kecepatan hingga 480 Mbps.

Hasil dan kualitas untuk video yang dihasilkan, dengan menggunakan antarmuka FireWire mampu menghasilkan video dengan ukuran resolusi 720 x 576 pixel (PAL), sedangkan menggunakan antarmuka USB 2.0 hanya mampu menghasilkan video dengan resolusi maksimal 640 x 480 pixel. Dengan demikian, dari kedua ukuran resolusi tersebut lebih dari cukup untuk membuat konten video yang selanjutnya akan dapat didistribusikan dalam format Video CD atau VCD yang memiliki resolusi 352 x 288 pixel (PAL).

Untuk tutorial kali ini kita sebentar lagi akan mencoba meng-capture / memindahkan video dari Digital Video Camera JVC ke Personal Computer menggunakan antarmuka USB 2.0. Aplikasi video editing yang digunakan untuk menangkap (meng-capture) video dari Handycam Mini-Divi adalah Windows Movie Maker 2.0 yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows XP Professional SP 2. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Hubungkan Handycam Mini-DV ke AC adaptor (seperti halnya Anda mengisi batere). Rewind Handycam Mini-DV Anda ke posisi awal rekaman gambar. Hubungkan Handycam Mini-DV dengan PC menggunakan kabel USB. Jalankan aplikasi Windows Movie Maker. Klik pada menu ‘Capture...‘ untuk segera memulai.

Tentukan file name dan lokasi penyimpanan untuk meng-capture video. Tentukan format capture dan klik Ok. (Apabila pilihan tidak jelas, maka disarankan untuk memilih recommended setting).

Tampil dialog box dengan tombol Start Capture dan End Capture di sebelah kiri atas serta preview window ada di sebelah kanan.
Play pada Handycam Mini-DV, maka video dari handycam akan tampil pada jendela preview window.

Untuk memulai merekam video, klik tombol Start Capture. Klik tombol End Capture untuk menghentikan perekaman video.
Selanjutnya klik tombol Finish, langkah berikutnya biasanya file .wmv akan disimpan pada lokasi penyimpanan yang kita buat / pilih.

Cara capture video seperti ini hanya dipergunakan untuk memindahkan video dari kamera handycam Digital Video Camera JVC dengan media penyimpanan Mini-DV. Driver USB yang tersedia hanya cocok digunakan pada sistem operasi Windows XP, dan tidak mendukung sistem operasi Windows Vista.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar